Jumat, 14 September 2012

Waspadalah Bila Ikut Lomba Menulis di Internet

Lomba menulis atau kuis di dunia maya semakin menjamur. Dengan iming-iming hadiah yang beraneka ragam. Mulai dari sebuah buku, uang, janji diterbitkan atau malah royalti didonasikan. Tapi kita perlu waspada, sebagaimana pesan Bang Napi : Waspadalah ! Waspadalah !

Kenapa ? Apakah lomba-lomba itu sebenarnya menipu kita ? Saya hanya ingin berbagi pengalaman mengikuti sebuah Lomba Menulis, agar teman-teman bisa mengambil pelajaran, dan tidak gegabah. Sebelum mengikuti Lomba Menulis yang diworo-woro di dumay, sebaiknya kita perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini :

  1. Pastikan anda adalah orang yang aktif di dumay. Maksudnya, anda bukan orang yang setahun sekali terkoneksi dengan internet. Minimal seminggu sekali, anda terhubung dengan internet.
  2. Pastikan info Lomba Menulis itu diselenggarakan oleh sebuah institusi terpercaya atau orang yang bisa anda percaya. Jadi bila anda menang, pihak panitia akan bela-belain mencari anda sampai ke ujung dunia untuk menyerahkan hadiah.
  3. Catat lomba apa saja yang anda ikuti. Bila anda mengikuti banyak lomba menulis, jangan lupa untuk selalu menuliskan di tembok dengan tulisan gedhe-gedhe kapan DEADLINE, TANGGAL PENGUMUMAN dan DIUMUMKAN DIMANA.
Kenapa hal ini saya sampaikan, karena saya pernah merasa begitu dirugikan oleh sebuah lomba menulis karena saya tidak melakukan hal tersebut di atas. Yaitu :
  1. Sebelumnya saya hanya terhubung dengan internet 3 bulan sekali, dan hal ini membuat saya kapok karena selalu ketinggalan informasi Lomba Menulis
  2. Suatu ketika saya menang Lomba Menulis dan hadiahnya gak pernah saya terima karena poin nomer satu di atas, dan karena panitianya tinggal di Luar Negeri dan malas mencari saya ke pelosok desa. Padahal, gak usah pakai dukun pun saya pasti mudah ditemukan :D
  3. Saya gak pernah nyatet tanggal pengumuman dan diumumkan dimana Lomba Menulis yang saya ikuti, walhasil, kembali ke poin satu lalu balik ke poin 3, saya jadi gak tahu kalau saya menang Lomba Menulis dan ini membuat saya nangis bombay .... huaaaaaa.
Mungkin anda mengira, saya hanya ngaco menulis postingan ini. Tapi percayalah, tulisan ini muncul karena mendadak saya ingat kalau saya pernah ikut lomba di tahun 2007 dan saya baru ingat di tahun 2012. Parah bukan ?


PENGUMUMAN HASIL SAYEMBARA
CERPEN A.A NAVIS
KERJASAMA UNIVERSITAS NEGERI PADANG DENGAN DEAKIN UNIVERSITY
IKUT DISPONSORI OLEH BANK NAGARI SUMATERA BARAT

Dewan Juri yang terdiri dari: Ismet Fanany (Ketua), Rizanur Gani (Anggota), dan Wisran Hadi (Anggota) dengan ini mengumumkan hasil Sayembara Perdana Menulis Cerpen AA Navis sebagai berikut:
Juara I: Arisan Mati, karya Iim Fahmi Ilman
Juara II: Cincin Kelopak Mawar, karya Firdaus
Juara III: Hujan Kota Arang, karya Muram Batu

Selain hadiah utama di atas, sepuluh cerpen terpilih sebagai pemenang hadiah hiburan (dalam urutan abjad) adalah:

Beduk di Atas Kuburan, karya Eriyandi Budiman
Bersampan ke Tepi Tanah Mimpi, karya Satmoko Budi Santoso
Bila Si Janah Hamil Tua, karya Narudin
Gajah Berkaki Tiga, karya Budi Hutasuhut
Gatotkaca Sang Provokator, karya Reka Yuda Mahadika
Impian, karya Roidah
Lampu Neon, karya Lumaksono
Langit Lebaran Dokar, karya Shofa Muhammad
Mahar Isnani, karya Amalia Dewi Fatimah
Sebuah Sayatan, karya Alex Gunawan

Juara I mendapat hadiah sebesar Rp 5 juta, Juara II Rp 3 juta, dan Juara III Rp 2 juta, sementara pemenang hadiah hiburan masing-masing menerima Rp 250 ribu. Selain itu, para pemenang juga akan menerima sebuah piagam.
Penyerahan hadiah dan piagam tersebut akan dilakukan dalam sebuah acara yang akan diadakan di Universitas Negeri Padang pada tanggal 11 Juli 2007. Semua pemenang diundang untuk menghadiri acara tersebut. Para pemenang diharapkan menghubungi panitia untuk memastikan kehadiran dan memberi tahu ke alamat mana hadiah dan piagam itu dapat dikirimkan melalui e-mail: ifanany@deakin.edu.au atau rektor@unp.ac.id atau effendi411@yahoo.com . 
Gubrak ! Selalu hadiah hiburan ....kekeke !
Setelah 5 tahun berlalu baru tahu kalau pernah menang Lomba Menulis  dengan penyelenggara sekeren AA Navis. Segera ku email, tapi ternyata email itu sudah tidak ada lagi .... huaaaa !

Oleh karena itu, bagi teman-teman yang ikut Lomba Menulis di internet. Waspadalah ! Atau hadiah anda melayang.


 

2 komentar:

  1. jiaahahahaha 5 tahun baru keinget,,,ada 2 aja,,kalau sya mah smpai trbwa2 mmpi krena pngen bgt menang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. mbak Iva, parah banget aku yaaa....
      semoga mimpinya jadi kenyataan :D. Aamiin

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung.
Jangan lupa tinggalkan jejak ya ....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...