Jumat, 07 Oktober 2011

Sygma Publishing


Penerimaan dan pengelolaan naskah
Sygma Publishing adalah perusahaan penerbitan yang menempatkan diri sebagai the most excellent publisher in Indonesia with international quality and global network. Dalam memberikan pelayanannya kepada para stakeholder, Sygma Publishing membagi unit penerbitannya ke dalam tiga bagian besar yang masing-masing mewakili karakter dan segmentasi yang berbeda. Ketiga unit tersebut adalah sebagai berikut (dengan brand masing-masing).
1.       Syaamil Al Qur’an (Unit yang khusus menerbitkan Al Qur’an untuk seluruh segmen usia, anak-anak hingga dewasa)
2.       Arkanleema Publishing (Unit yang khusus menerbitkan buku-buku Islam untuk segmentasi dewasa: fiksi, non-fiksi, popular, kisah, rujukan keislaman (akhlak, doa, hadits, dan fikih), panduan ibadah, dan wawasan keislaman)
3.       Penerbit Lima (Unit yang khusus menerbitkan buku-buku anak dan remaja dengan tema-tema Islam dan umum: fiksi, non-fiksi, popular, pengenalan keislaman (Al Qur’an, hadits, fikih, doa), panduan ibadah, dan wawasan keislaman dengan kemasan-kemasan penuh kreativitas.
Redaksi Sygma Publishing menerima naskah-naskah berkualitas, baik naskah lokal maupun naskah terjemahan dari berbagai bahasa: Arab, Inggris, Jepang, Prancis, dan sebagainya dengan ketentuan sebagai berikut.


1.       Ketentuan Umum
a.         Dapat berupa outline tulisan atau tulisan yang sudah lengkap.
b.         Jika berupa outline, sertakan sinopsis tulisan, daftar isi yang lengkap (bab dan sub-babnya).
c.          Jelaskan jenis tema/kajian/bidang pembahasan dari tulisan; fiksi, non-fiksi, popular, kisah, rujukan keislaman (akhlak, doa, hadits, dan fikih), panduan ibadah, dan wawasan keislaman.
d.         Jelaskan selling point naskah tersebut. Apa yang membedakannya dari buku-buku yang lain.
e.         Sertakan data lengkap penulis (alamat, no. telepon, e-mail, hp, fax, no. rekening, juga biografi ringkas yang berkaitan dengan biodata, aktivitas, karya yang dihasilkan dan diterbitkan).
f.          Jelaskan segmentasi tulisan (anak, remaja, dewasa/umum, wanita, keluarga).
g.         Jika via pos, harap mengirimkan kopian naskahnya saja.

2.       Standard Penerimaan Naskah
a.         Rights Editor & Script Hunter menerima naskah melalui penulis sendiri, pos, e-mail(sygmapustaka@sygmacorp.com), atau titipan penulis melalui pihak lain.
b.         Rights Editor & Script Hunter membuat Surat Pemberitahuan Kedatangan Naskah dengan lampiran Form Penerimaan Naskah dan Form Biodata Penulis yang harus diisi oleh Penulis baru dan mengirimkannya kepada Penulis melalui e-mail atau pos yang dikuatkan oleh SMS gateway system, sehari setelah naskah kiriman melalui pos, e-mail, atau titipan Penulis melalui pihak lain diterima oleh Rights Editor & Script Hunter.
c.         Rights Editor & Script Hunter meng-input-kan data yang ada pada Form Tanda Terima Naskah dan Form Biodata Penulis dalam waktu satu hari kerja setelah naskah diterima dari Penulis.
d.         Untuk naskah yang direkomendasikan terbit, Rights Editor & Script Hunter menyerahkan naskah, Form Penelaahan Naskah, dan Form Biodata Penulis kepada Manager sesuai dengan kategori naskah masuk untuk proses penelaahan naskah lanjutan dan menerima kembali hasilnya maksimal setelah 6 pekan dari Manager.
e.         Untuk naskah yang tidak lolos penelaahan, Rights Editor & Script Hunter membuat Surat Pengembalian Naskah dan menginformasikannya kepada Penulis satu hari setelah penolakan naskah; dan mengembalikan naskah tersebut jika Penulis memberikan perangko balasan. Jika Penulis tidak memberikan perangko balasan dalam waktu 1 bulan sejak tanggal pemberitahuan penolakan maka naskah akan dimusnahkan.
f.          Jika naskah diputuskan untuk terbit, Rights Editor & Script Hunter akan menginformasikan hal tersebut kepada Penulis melalui Surat Pemberitahuan Persetujuan Terbit yang disertai Draft Perjanjian Penerbitan untuk ditindaklanjuti satu hari setelah menerima keputusan penerimaan naskah.

3.       Kriteria Penelaahan Naskah
a.       Tidak bertentangan dengan Al Quran dan Hadits.
b.      Nilai dan konten sesuai dengan visi dan misi Sygma Publishing..
c.       Temanya sangat unik, aktual, kontemporer, dan dinilai sangat dibutuhkan masyarakat banyak.
d.      Pesannya memiliki nilai kebenaran universal.
e.      Faktor kedekatan dengan pembaca (proximity) sangat tinggi.
f.        Gaya penuturan dan penceritaan sangat baik.
g.       Sistematika penulisan sangat baik.
h.      Pembahasannya sangat mendalam.
i.         Keterbacaan hingga 50% (bisa berubah lebih kecil sekiranya nilai kesesuaian dengan visi dan nilai temanya sangat menarik).
j.        Alur, Tokoh, dan Settingnya sangat bagus (untuk karya fiksi).
k.       Sasaran pembacanya (segmentation [demografis, psikografis]) dan bagaimana kemungkinannya diterima oleh pasar sasaran sangat jelas dan baik (by data).
l.         Positioning produk dan benefit dari pesan yang disampaikan dalam naskah untuk pembaca sangat jelas (by data).
m.    Naskah yang sama belum beredar di pasar.
n.      Diferensiasi dan kelebihan naskah (added value) dengan buku yang sudah beredar di pasar kentara jelas.
o.      Kapasitas keilmuan penulis terkait tema yang ditulisnya dalam naskah (otoritas keilmuan) sangat sesuai.
p.      Informasi yang disampaikan publik mengenai penulis sangat positif.

4.       Ketentuan Pelaporan dan Pembayaran Royalti

KATEGORI
UMUM
ISLAM
REMAJA
ANAK
BULAN
Januari
Mei
September
Februari
Juni
Oktober
Maret
Juli
November
April
Agustus
Desember


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung.
Jangan lupa tinggalkan jejak ya ....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...